Monday, June 28, 2010

Bisnis, Pengusaha, Manajemen

pic has taken here


Hallo, selamat hari selasa :)

Maaf, saya jarang posting di blog yang ini. Bukan berarti saya mau meng-anak-tirikan loh, tapi kerjaan memang sedang banyak, sebenarnya banyak yang ingin saya share, tapi begitu menghadap komputer langsung BLANK!

Sebelumnya terima kasih buat rekan-rekan yang sempat komentar, dan follow blog saya yang ini :) .

Oh iya, sekedar informasi kalau 2,5% orang di Indonesia jadi Businessman atau Entrepreneur , negara kita bisa semaju negara Singapur loh.. Jadi kalau memang sudah niat, ayo segera realisasikan supaya bisa mengurangi rekan-rekan yang pengangguran :).

Seperti yang sudah saya beritahu sebelumnya, saya seorang Customer Service multitalenta hehe, mengurus marketing, pengiriman barang, meng-handle client, juga laporan.
Karena perusahaan tempat saya bekerja ini termasuk perusahaan yang baru berkembang, jadi semuanya bener-bener belajar dari nol.

Tapi syukurlah, perusahaan tempat saya bekerja memang terus mengembangkan sistem manajemennya, merekrut seorang adviser untuk manajemennya, jadi saya sudah punya SOP (Standard Operating Procedure) sekarang.

Ngomong-ngomong masalah Manajemen, saya jadi pengen bahas nih.
Karena di kantor sedang mengembangkan sistem manajemennya, saya juga berusaha untuk memahami pentingnya manajemen.

Cita-cita saya itu mau jadi Businessman Woman, karena saya sebagai perempuan nantinya akan menikah, mempunyai anak, kalau memilih tetep jadi karyawan yang memiliki jenjang karir, pasti akan keteteran tugas Ibu Rumah Tangganya, dan saya tidak mau itu.

Begitu beberapa waktu lalu, saya sempat berbincang dengan adviser di kantor.
Beliau menjelaskan perbedaan antara Businessman (pebisnis) dan Entrepreneur (wirausahawan).

"Businessman belum tentu Seorang Entrepreneur!" beliau menegaskan.
Kenapa? karena kalau Businessman rata-rata fokus pada Profit semata dan Entrepreneur mengejar Benefit.
Businessman tidak punya sistem, kalau Entrepreneur harus punya sistem.

Ya manajemen itu.
Kalau dari segi keuntungan jelas para pebisnis itu memiliki profit yang lebih besar, tapi belum tentu berlangsung lama.
Mereka rata-rata meraup keuntungan yang banyak, tapi tidak memikirkan hari esok, begitu istilahnya.

Kalau pengusaha, memikirkan bagaimana bisnisnya akan berlangsung lama bahkan bisa turun temurun.

Semua tergantung manajemen kita, strategi marketing kita, bagaimana membuat pegawai dan konsumen loyal, bagaimana membuat mereka bisa menjadi seorang partner kita, bukan mesin pencetak uang dan semua itu sudah ada dalam manajemen.

Jadi, manajemen adalah akar dari semuanya.
Meski awalnya tidak mungkin kita membangung manajemen/sistem/struktur organisai, karena mungkin pegawai yang kita miliki baru sedikit, tapi segeralah untuk merancangnya.

Kita tidak mau dong, bisnisnya cuma jadi bisnis petasan? mebludak lalu hilang..

Salah satu contoh, Madonna.
Apakah suara Madonna setinggi dan sebagus Mariah Carey? tidak! Tapi dia tetap jadi idola meskipun suaranya tidak begitu bagus dan sudah tidak muda lagi.
Kenapa? karena manajemennya itu. Manajemennya membuat seorang Madonna menjadi mega bintang, Madonna betul-betul dikonsep oleh manajemennya sendiri.

Sekarang bagaimana dengan ajang pencarian bakat?
Ya, itu bisnis buat stasiun tvnya. Para artisnya? jarangkan yang bertahan. Paling lama 3 tahun, setelah itu, kemana lagi ya??

Setelah itu, pemikiran saya langsung terbuka. Saya mau jadi pengusaha, iya! Meskipun awalnya mesti jatuh bangun (hihi kayak lagu dangdut), pegawainya sedikit, tapi manajemen harus dimulai sejak awal..

Bagaimana menurut rekan-rekan?

10 comments:

  1. aku dukung penuh sobat!
    keberhasilan itu hrs melalui jth bangun, gak ada yg lngsng sim salabim trs jd sukses, tul gak?

    slm knl y....
    mampir ke blogku disana ada byk motivasi utkmu dlm mmbangun kesuksesan

    ReplyDelete
  2. kunjungan pertamaku....semangat selalu yaaa...

    ReplyDelete
  3. Sharingnya ttg managementnya mantab dan inspiratif. Salam kenal, blognya aq follow ya :)

    ReplyDelete
  4. "Meskipun awalnya mesti jatuh bangun (hihi kayak lagu dangdut), pegawainya sedikit, tapi manajemen harus dimulai sejak awal.."

    Sependapat! Seperti baby, pertama merangkak dahulu, untuk kemudian berlari.

    ReplyDelete
  5. jadi intinya, maju tidaknya atau bagus tidaknya perusahaan tergantung management nya ya ?

    emm, untung management di tempat saya bagus, sayang karyawannya pada dodol hehehehehe

    ReplyDelete
  6. susah banget tuh menjadi Entrepreneur. pernah aku ikut seorang motivator terkenal. aku pikir bisa lebih banyak belajar dengan bekerja di perusahaannya. ternyata apa yang aku temukan di dalamnya beda banget dengan isi ceramah-ceramahnya.
    manusiawi banget yah..?

    ReplyDelete
  7. saya tertarik nih dengan judulnya, ada benang merah yang saya liat disana. untuk menjalankan bisnis kita perlu usaha bukan hanya menunggu keajaiban, dan usaha harus terkordinir dengan baik agar bisnis itu berjalan lancar

    ReplyDelete
  8. @ Philida :

    Maaf bila 'manajemen' yang ingin kau share kan
    Pertama, aku sangat setuju dengan adviser mu itu
    Kedua, salut akan multitalentha mu itu hi hi hi
    ketiga, ini pemikiran ttg manajemen yang kutahu, tapi maaf ga ada niat untuk gurui dirimu (namanya juga hanya sekedar tahu) :

    Ada 3 hal pokok dalam management yang merupakan inti dari tujuan yang ingin dicapai yaitu pengendalian Mutu, pengendalian Biaya dan pengendalian Waktu. Dalam perencanaan ketiga hal pokok diatas harus benar-benar diperhatikan dan dibuat seefektif dan seefisien mungkin namun harus tetap realistis dan tidak mengada-ada. Biaya dan Waktu penyelesaian proyek yang kita tetapkan haruslah mencerminkan mutu yang ingin kita capai, semakin realistis suatu target yang kita tetapkan semakin mudah dalam pengaplikasian dan pelaksanaan proyek tersebut.

    Kurasa hanya itu yang bisa kusampaikan padamu,, good luck, dan bila mau merintis ajak si Mpey rasanya dia bisa bantu dirimu, Tks.

    Salam - satrio

    ReplyDelete
  9. Teteh, tulisannya bagussss banget
    rapi jali. Teteh jurnalis ya?

    BLogna simple tapi keren abis

    ReplyDelete
  10. Wahhh terima kasih yaa sudah komentar...

    blog ini memang jarang update :( , kalau mau mampir juga ke blog pertama saya ini

    @penghuni 60 : saya juga suka artikel2 di blogmu, sangat inspiratif :)

    @windflowers : iyaa, semangat juga. Terima kasih telah berkunjung :)

    @gaebly : terima kasih gaebly :)

    @Eka : iyaa betul, terima kasih sudah menyempatkan baca tulisan ini :)

    @Jonk : hehhee, memang harus didukung dengan sdm yang baik, tapi kalau sudah dibiasakan, pasti gk ada yang DODOL :D

    @Rawins : Motivator, hanya membantu kita membuka paradigma, sisanya harus ada niat dan usaha yang kuat dari kita..
    Sukses atau tidak, semua ada ditangan kita.. :)

    @Tukang Colong: betul sekali :)

    @catatan Akhir : waah terima kasih banyak koreksinya :) bisa juga nih, ngajak kerjasama Mpey :D

    @Itik Bali : hehhee *blushing* makasi Ayu:) bukan, tapi cita-cita memang pingin jadi jurnalis.. :D
    Ayu, tulisannya juga bagus2 loh, saya suka :)

    ReplyDelete